Siapkan Hari Tua yang Sejahtera

Siapkan Hari Tua yang Sejahtera

  • Siapkan Hari Tua yang Sejahtera

    By : Prita Ghozie from ZAP Finance

    Bersantai di teras rumah pantai, pulau Lombok, 30 tahun lagi. Mungkin sembari membaca novel favorit dan sesekali mendengarkan celotehan cucu tersayang. Apakah ini menjadi salah satu bayangan hidup Anda di masa pensiun kelak?

     

    Masa pensiun yang sejahtera adalah fenomena yang diharapkan oleh setiap orang beserta keluarganya. Saat ini, masyarakat di Indonesia telah menikmati adanya berbagai program pensiun baik dari pemerintah mau pun dari perusahaan tempatnya bekerja. Tingkat harapan hidup yang lebih baik, pertumbuhan ekonomi, keberadaan program jaminan sosial dari pemerintah dan juga program dana pensiun dari perusahaan telah memberikan kontribusi atas perubahan dramatis yang dialami oleh para karyawan menjelang masa purna baktinya. Namun, apakah ini cukup?

     

    Dalam mempersiapkan dana pensiun, maka ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Pertama, menghitung kebutuhan hidup di masa pensiun. Dengan biaya hidup yang selama ini Anda keluarkan, seberapa besar Anda ingin mempertahankan gaya hidup sekarang untuk masa pensiun nanti? Misalnya, apakah ada penurunan gaya hidup hingga 70% dari gaya hidup saat ini, atau Anda ingin mempertahankan gaya hidup yang sama.

     

    Kedua, menetapkan asumsi berapa lama Anda ingin mempersiapkan dana pensiun. Asumsi jumlah harapan hidup selama masa pensiun terpaksa ditetapkan untuk menentukan durasi kebutuhan saldo dana pensiun yang diperlukan untuk membiayai hidup di masa pensiun kelak. Sebagai contoh, apabila berencana pensiun di usia 50 tahun lalu asumsi harapan hidup hingga usia 85 tahun, maka durasi kebutuhan pensiun menjadi 35 tahun.

     

    Ketiga, menentukan kebutuhan dana pensiun. Berdasarkan perhitungan biaya hidup yang diperlukan selama durasi masa pensiun, maka Anda akan dapat mengetahui berapakah saldo aset yang harus dimiliki sesaat sebelum pensiun agar gaya hidup di masa nanti yang diinginkan dapat terwujud. 

     

    Keempat, menghitung aset-aset investasi apa saja yang sudah dimiliki saat ini untuk kebutuhan pensiun. Misalnya, Anda telah memiliki sejumlah deposito, rumah kontrakan, atau pun saldo reksa dana, yang baru akan dipergunakan setelah memasuki masa pensiun. Pahami bahwa aset-aset ini tidak lagi dapat dialokasikan untuk mendanai kebutuhan biaya pendidikan atau pun dipergunakan untuk berlibur bersama keluarga sebelum Anda memasuki pensiun.

    Kelima, menghitung selisih kebutuhan dana. Berdasarkan perhitungan pertumbungan aset-aset Anda dan juga kebutuhan dana untuk memasuki masa pensiun, maka Anda dapat mengetahui apakah Anda mampu pensiun sesuai dengan gaya hidup yang diinginkan. Apabila saldo dana masih kurang, maka sejak saat ini, putuskan untuk mau berinvestasi untuk mempersiapkan pensiun yang sejahtera sesuai dengan impian.

     

    Berinvestasi untuk kebutuhan pensiun umumnya dilakukan secara berkala. Produk investasi yang digunakan juga sebaiknya yang dapat memberikan potensi imbal hasil diatas tingkat inflasi rata-rata yang saat ini ada di kisaran 8% per tahun berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2014. Nah, salah satu produk yang dapat membantu adalah reksa dana berbasis saham seperti reksa dana campuran dan reksa dana saham.

     

    Sebagai contoh, Anda berinvestasi sebesar Rp. 6 juta setiap bulan di produk reksa dana saham dengan potensi imbal hasil 15% per tahun. Maka, apabila usia Anda saat ini adalah 35 tahun dan berencana pensiun di usia 55 tahun, saldo reksa dana Anda akan menjadi kurang lebih Rp. 9 milyar. Nah, dana pensiun sebesar ini ternyata dapat mendukung gaya hidup di masa pensiun dengan perkiraan biaya setara Rp. 8 juta per bulan untuk hari ini, apabila asumsi tingkat inflasi sebesar 8% per tahun. Gaya hidup ini dapat dipertahankan selama durasi 20 tahun, atau dengan kata lain hingga Anda berusia 75 tahun.

     

    Bandingkan jika Anda hanya menabung saja untuk kebutuhan pensiun, maka dengan dana tabungan sebesar Rp. 6 juta per bulan, saldo tabungan hanya akan mencapai Rp. 2 Milyar. Artinya, gaya hidup Anda hanya dapat dipertahankan setara biaya hidup Rp. 1.8 juta per bulan saat ini. Wah, jauh dari sejahtera bukan?

     

    Mempersiapkan masa pensiun yang sejahtera bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, pastikan Anda punya komitmen dan kedisiplinan untuk mencapai tujuan tersebut. Selama merencanakan pensiun. Live a Beautiful Life!


    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami