Mencapai Resolusi Keuangan 2016

Mencapai Resolusi Keuangan 2016

  • efgsdfgfgg

    By : Prita Ghozie from ZAP Finance

    Awal tahun selalu menjadi momen untuk mencanangkan kehidupan yang lebih baik. “Happy, healthy, and wealthy” adalah 3 hal umum yang kerap masuk dalam resolusi awal tahun sebuah keluarga. Tidak mengherankan bilamana resolusi keuangan banyak sekali ditetapkan oleh setiap orang. Namun, sayangnya implementasi dari resolusi kerap kali terhenti hanya dalam beberapa bulan. Ada beberapa hal yang dapat disiasati agar resolusi keuangan tahun 2016 Anda dan keluarga dapat terwujud dan membawa perubahan positif dalam kehidupan.

    1.Tetapkan resolusi yang SMART

    Sebuah resolusi akan dapat tercapai bilamana memenuhi konsep SMART yang merupakan singkatan dari Simple, Measurable, Attainable, Reasonable, dan Timely. Resolusi keuangan yang ditetapkan sebaiknya sederhana, dapat diukur, mudah dilakukan, mungkin dilakukan oleh Anda dan keluarga, serta memiliki target jangka waktu.

    2.Batasi jumlah resolusi keuangan

    Semakin banyak resolusi yang dicanangkan, maka semakin sulit juga untuk mempertahankan komitmennya. Saya sangat menyarankan agar Anda batasi jumlah resolusi keuangan menjadi maksimal 3 saja untuk tahun 2016. Mulailah dari yang paling prioritas. 

    Berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of Bristol di Inggris pada tahun 2007, 3 resolusi keuangan yang menempati posisi teratas adalah: menabung lebih banyak, membayar seluruh utang, dan mengurangi pengeluaran bulanan. Apakah Anda dan keluarga juga mempunyai resolusi yang serupa?

    3.Berbagi resolusi dengan keluarga

    Salah satu tips agar seseorang dapat bertahan dengan resolusi yang dimiliki adalah dengan menambah bantuan moral dan dukungan keluarga terdekat. Pastikan Anda dan keluarga berada dalam gerbong yang sama dalam hal prioritas untuk mewujudkan resolusi.

    4.Monitor kemajuan dengan rencana keuangan

    Rencana keuangan memegang peranan penting dalam mewujudkan resolusi keuangan. Rencana keuangan merupakan kumpulan strategi dan rekomendasi yang perlu dilakukan oleh Anda dan keluarga dalam rangka mencapai tujuan-tujuan keuangan keluarga. Dengan bantuan rencana keuangan, maka Anda dapat melakukan evaluasi terhadap hasil implementasi setidaknya 6 bulan sekali.

    Berikut ini adalah beberapa contoh resolusi keuangan yang dapat diimplementasikan oleh sebuah keluarga. Pahami bahwa dari resolusi keuangan, maka selanjutnya dituangkan dalam bentuk tujuan finansial, yang kemudian menjadi komponen pembentuk rencana keuangan.

    Resolusi Keuangan Tujuan Keuangan Rencana
    1. Menabung lebih banyak Menambah saldo tabungan sebesar 15% dari
    penghasilan bulanan yang diterima.
    Membuat sistem transfer otomatis dari rekening
    penerima gaji bulanan kedalam sebuah rekening tabungan berjangka atau rekening
    reksa dana
    2. Membayar utang Mengurangi saldo utang kartu kredit menjadi nol setiap
    bulannya.
    Evaluasi manfaat dari setiap kartu kredit yang telah
    dimiliki. Batasi limit kartu kredit hanya sebesar
    penghasilan sebulan.
    3. Mengurangi pengeluaran Mengurangi pos
    pengeluaran rutin sebesar 5% dari tahun sebelumnya.
    Berhemat dalam hal penggunaan listrik, pulsa komunikasi, dan
    pembelian makanan.

    Jadi, membuat resolusi keuangan sebenarnya cukup mudah. Tetapi, kemampuan Anda dan keluarga dalam hal mempertahankan dan meraihnya yang akan membuat perbedaan. Gunakanlah rencana keuangan untuk mem bantu Anda mewujudkannya. Selamat Tahun Baru 2016. Live a Beautiful Life!

    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami