Mempersiapkan Dana Pendidikan si Kecil

Mempersiapkan Dana Pendidikan si Kecil

  • ghxghfghfgh

    By : Prita Ghozie from ZAP Finance

    Dana pendidikan merupakan salah satu tujuan finansial yang prioritasnya tinggi bagi setiap keluarga. Apabila diminta untuk membuat prioritas, maka sebaiknya dana pendidikan didahulukan sebelum tujuan lain, terutama untuk keluarga yang telah memiliki anak. Alasannya, pendidikan itu tidak bisa ditunda. Sedangkan, kalau kurang uang saat pensiun, Anda masih bisa coba-coba cari penghasilan lagi.

    Pada saat anak sudah berusia 6 tahun, punya uang atau tidak, dia harus masuk SD. Begitu seterusnya hingga jenjang universitas. Kalau bukan kita, siapa lagi yang harus bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak?

    Dalam mempersiapkan dana pendidikan anak, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua.

    1. Tentukan pilihan sekolah

    Anda dan pasangan harus tentukan mau menyekolahkan anak kemana. Untuk sekolah, mau pilih sekolah negeri, sekolah nasional, sekolah nasional plus atau sekolah internasional? Untuk kuliah, mau di dalam negeri atau luar negeri? Anda bisa mulai bertanya ke sekolah-sekolah tujuan atau berkonsultasi dengan perencana keuangan yang pastinya punya riset kebutuhan dana pendidikan.

    2. Hitung kebutuhan biaya

    Anda wajib melakukan riset biaya pendidikan untuk kondisi saat ini. Lalu, dengan bantuan konsultan perencanaan keuangan, Anda dapat menghitung berapa kebutuhan biaya pendidikan di masa depan, saat anak Anda masuk sekolah. Pada umumnya, biaya pendidikan akan mengalami kenaikan setiap tahun dengan kenaikan yang bervariasi. 

    3. Periksa aset yang sudah ada

    Setelah mengetahui kebutuhan biaya pendidikan untuk anak di masa depan, maka ada baiknya Anda melakukan evaluasi terhadap aset-aset yang telah dimiliki saat ini. Jika sudah ada, maka tugas berikutnya adalah memilih produk finansial yang dapat mendukung kebutuhan keluarga Anda. Jika tidak ada atau jumlahnya masih kurang, maka inilah saatnya untuk merevisi perencanaan dana pendidikan.

    Tabungan atau Asuransi Pendidikan?

    Mana yang lebih baik, punya tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan? Kedua produk ini punya fungsi yang agak berbeda. Tabungan pendidikan lebih fokus pada unsur menabung, namun punya fitur jaminan jika Anda tidak sanggup meneruskan setoran. Sedangkan asuransi pendidikan lebih fokus pada penggantian uang pertanggungan, namun memberikan fitur pembayaran uang pada periode tertentu. 

    Jika anak akan bersekolah dalam jangka waktu dibawah 2 tahun dan Anda belum punya modalnya, maka tabungan pendidikan tepat digunakan. Namun, jika diatas itu, return yang diberikan tabungan pendidikan sepertinya tidak sanggup melawan inflasi pendidikan yang super tinggi. Berikut pilihan instrumen investasi yang tepat untuk kebutuhan dana pendidikan diatas 2 tahun.

    Pertama, ORI dan Sukuk Ritel. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang sudah punya modal untuk biaya sekolah 3-4 tahun lagi, namun ingin mendapatkan return yang lebih tinggi dari tabungan. Resiko kehilangan modal sangat kecil bila ditahan hingga jatuh tempo.

    Kedua, logam mulia. Bisa dibeli dengan satuan 1 gram, sangat cocok untuk Anda yang mempersiapkan dana pendidikan untuk 3-5 tahun lagi. Anda bisa membeli rutin per bulan persis seperti menabung. 

    Ketiga, reksa dana campuran. Pembelian reksa dana yang bisa dimulai dengan Rp500 ribu per bulan, sangat cocok untuk kebutuhan dana pendidikan 5-10 tahun lagi. 

    Keempat, reksadana saham. Dengan potensi return yang bisa mencapai 20% per tahun, produk ini tentu saja sangat sesuai untuk melawan inflasi pendidikan untuk kebutuhan diatas 10 tahun lagi.

    Patut dipahami bahwa instrumen investasi berbasis saham dan obligasi nilainya bisa fluktuatif. Jangan sampai, saat dana dibutuhkan ternyata nilai investasi kita sedang jeblok. Sehingga, dalam mengukur resiko, Anda harus lebih cermat dan alihkan portfolio saat nilai investasi sudah mencapai target meskipun belum jatuh tempo.

    Jika Anda memilih untuk mengatur sendiri dana pendidikan anak, maka jangan lupa untuk membeli asuransi jiwa. Tujuannya untuk memproteksi penghasilan bulanan, bila pencari nafkah meninggal dunia dalam jangka waktu menabung.

    Alat untuk mempersiapkan dana pendidikan bukan one size fits all. Tidak selamanya dana untuk kuliah harus dibentuk dengan satu produk saja. Selisih kebutuhan dana, akan menentukan produk dengan karakter risk-return seperti apa yang tepat untuk Anda. Live a beautiful life!


    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami