Halo, Apa kabar Keuangan Anda Saat Ini?

Halo, Apa kabar Keuangan Anda Saat Ini?

  • WEBSITE-preferred-APA-KABAR-KEUANGAN

    By : Prita Ghozie from ZAP Finance


    Melakukan pengecekan atas kondisi keuangan pribadi atau sering disebut denganfinancial check up (FCU), harus dilakukan setidaknya satu kali dalam setahun atau jika ada perubahan kondisi yang signifikan dalam hidup yang mengakibatkan kondisi keuangan tidak bisa lagi berjalan seperti sebelumnya, seperti menikah, perceraian, kehadiran anggota keluarga baru, berhenti bekerja, pensiun, dsb.

    FCU ini sebaiknya dilakukan dengan bantuan perencana keuangan independen atau Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan Kalkulatorfinancialdan hasilnya dibawa kepada konsultan.

    Dari hasil FCU, Anda akan mendapatkan empat rasio keuangan yang menjadi indikator apakah Anda memiliki ‘penyakit’ dalam keuangan atau tidak.

    1.Rasio Dana Darurat

    Rasio ini memberikan indikasi berapa bulan seseorang atau suatu rumah tangga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan aset kas dan setara kas yang dimilikinya jika sumber pendapatannya hilang atau terjadi kerugian.

    Rasio ideal untuk Dana Darurat adalah 3 – 12 bulan, tergantung dari kondisi spesifik yang dimiliki masing-masing individu ataupun rumah tangga.

    2.Rasio Menabung

    Rasio ini menjadi gambaran seberapa besar Anda memiliki komitmen untuk mengalokasikan pendapatan yang diterima hari ini untuk ditabung serta diinvestasikan untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

    Angka 10% atau lebih merupakan rasio yang sehat.

    3.Rasio Belanja

    Anda bingung mengapa gaji Anda selalu tak bersisa di akhir bulan? Mungkin rasio ini bisa menjadi jawabannya!

    Rasio belanja menunjukkan berapa persen penghasilan yang Anda gunakan untuk kebutuhan konsumsi hari ini. Ingin bisa menabung dan berinvestasi, jaga rasio ini supaya tidak lebih dari 70%, ya?

    4.Rasio Berutang

    Gaji besar tapi harus selalu ‘ikat pinggang’? Mari cek dulu berapa rasio berutang Anda!

    Rasio ini menunjukkan berapa persen penghasilan yang Anda gunakan untuk membayar keseluruhan cicilan utang. Angka rasio ini tidak boleh lebih dari 30% atau Anda akan sulit memiliki ruang untuk bisa menabung dan berinvestasi atau bahkan berjaga-jaga jika sewaktu-waktu suku bunga naik.

    Sudah tahu hasil evaluasi keuangan Anda sekarang? Kira-kira mana yang harus terlebih dahulu saya perbaiki, ya? Live a Beautiful Life! 



    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami