Wujudkan rumah impian dengan KPR

Wujudkan rumah impian dengan KPR

  • Preferred Artikel Wujudkan rumah impian dengan KPR
    By : Prita Ghozie from ZAP Finance

    Sedari kecil, Anda mungkin cukup mengenal istilah kebutuhan dasar manusia itu terdiri dari tiga hal, yaitu sandang, pangan, dan papan. Rumah tinggal merupakan esensi utama yang sangat diperlukan oleh sebuah keluarga. Sebuah rumah juga menjadi simbol pencapaian kesuksesan finansial sebuah keluarga.

     

    Membeli rumah bisa jadi merupakan salah investasi terbaik yang pernah Anda lakukan, apalagi jika Anda membeli rumah tinggal utama. Tempat Anda bernaung dengan keluarga setelah seharian beraktivitas. Rasa tenteram yang diberikan dengan memiliki rumah tentu tidak dapat diukur dengan uang. Inilah investasi untuk kehidupan yang indah dan sejahtera!

     

    Dalam perencanaan keuangan, membeli rumah kerap kali dimasukkan sebagai salah satu tujuan finansial utama sebuah keluarga. Setidaknya ada dua kebiasaan baik yang dapat diperoleh sebuah keluarga dari tujuan finansial ini. Pertama, keinginan membeli properti akan memaksa Anda untuk menyisihkan uang. Kebiasaan ini bisa terus terbawa seumur hidup Anda. Kedua, nilai investasi di properti hampir tidak pernah turun. Ya, bayangkan saja, dengan jumlah penduduk yang terus meningkat, luas bumi tidak makin bertambah bukan?

     

    Dua pertanyaan mendasar yang harus terjawab untuk menentukan mampu tidaknya Anda membeli rumah adalah;

    • Berapa harga rumah yang mampu saya beli? Indikatornya Anda memiliki paling tidak 20-30% dari harga beli untuk dijadikan uang muka.
    • Berapa jumlah cicilan KPR yang mampu saya lakukan? Indikatornya Anda memiliki arus kas sebesar paling tidak 25% dari penghasilan rutin bulanan untuk minimal 5 tahun kedepan yang tidak digunakan untuk keperluan konsumsi rutin untuk hidup.
     

    Mewujudkan impian untuk memiliki rumah tinggal dapat dilakukan oleh setiap keluarga. Ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan.

     

    Pertama, tentukan anggaran dan lokasi rumah tinggal. Setiap jenis rumah tinggal baik itu rumah berbentuk landed house atau apartemen akan membutuhkan anggaran biaya yang berbeda terkait spek dan juga lokasi. Harga beli rumah sebaiknya dihitung menyeluruh termasuk biaya-biaya administrasi, pajak, dan lainnya.

     

    Kedua, tentukan jenis kredit perumahan untuk membantu Anda. Saat ini, paling tidak ada 3 jenis kredit perumahan yang bisa kita pilih.

    • KPR floating rate, di mana tingkat suku bunga bisa berubah-ubah setiap tahun berdasarkan keputusan sepihak dari bank.
    • KPR fixed-rate, di mana tingkat suku bunga akan tetap selama tenor kredit. Keuntungan dari KPR fixed-rate adalah cicilan yang tetap sepanjang masa. Sehingga, Anda akan tahu persis berapa jumlah pembayaran cicilan setiap bulannya.
    • KPR hybrid, di mana bank akan memberikan fixed rate untuk 1 hingga 2 tahun pertama kemudian bunga menjadi floating rate. Keunggulan dari KPR hybrid adalah tingka suku bunga yang umumnya lebih rendah daripada fixed rate di tahun pertama. Namun, seperti halnya floating rate, pihak bank akan menaikkan suku bunga KPR antara 2% -5% dari saat fixed rate.
     

    Ketiga, persiapkan uang muka pembelian rumah. Idealnya, Anda mempersiapkan dana uang muka sebesar 30% dari harga beli rumah. Sumber dana untuk uang muka dapat diperoleh dari bonus tahunan, dana tunjangan hari raya, atau pun disiplin menyisihkan penghasilan setiap bulannya. Apabila Anda membutuhkan uang muka sebesar Rp. 300 juta, maka setiap bulannya Anda dapat menyisihkan Rp. 6.6 juta di produk reksa dana campuran dengan target imbal hasil rata-rata 15% per tahunnya.

     

    Keempat, sesuaikan anggaran bulanan dengan kewajiban cicilan. Setelah kredit perumahan diambil, maka bulan berikutnya akan timbul kewajiban untuk membayar cicilan pinjaman. Idealnya, cicilan pinjaman rumah hanya mengambil alokasi maksimal 30% dari penghasilan bulanan. Hal ini dengan syarat, Anda tidak lagi memiliki pinjaman lain seperti pinjaman kendaraan atau pinjaman perusahaan. Sehingga, apabila cicilan pinjaman Anda sebesar Rp. 5 juta per bulan, maka setidaknya penghasilan bulana keluarga adalah sebesar Rp. 17 juta.

     

    Nah, mudah bukan untuk mewujudkan impian membeli rumah? Untuk memastikan rencana finansial ini terwujud, maka Anda dan keluarga sebaiknya sepakat dan sama-sama berkomitmen untuk mengendalikan pengeluaran. Selamat membeli rumah. Live aBeautiful Life!

     
    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami