Smart Travelling untuk Akhir Tahun

Smart Travelling untuk Akhir Tahun

  •   Banner Artcile Smart Traveling 985 2


    By : Prita Ghozie from ZAP Finance

    Travelling adalah sebuah kegiatan menyenangkan yang telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kelas menengah di Indonesia. Bahkan, termasuk dalam daftar 5 teratas tujuan finansial bagi orang Indonesia. Terutama untuk Anda yang bekerja kantoran, saat kalender menunjukkan tanggal merah, nyaris semua orang berlomba-lomba untuk liburan. Apalagi untuk akhir tahun, liburan pasti menjadi tujuan finansial banyak keluarga.

    Karena travelling membutuhkan dana yang kadang tidak sedikit, sebaiknya Anda punya perencanaan setidaknya apa saja destinasi liburan tahun ini. Menentukan mau liburan ke mana dan bagaimana kita menghabiskan waktu berlibur, akan memberikan gambaran bagaimana anggaran liburan kita nanti. Rencanakan kapan Anda mau pergi berlibur dan berapa jumlah biaya maksimum yang mau Anda alokasikan untuk kebutuhan liburan. Idealnya, seseorang akan mengambil antara 5% hingga 15% dari jumlah penghasilan setahun untuk biaya berlibur.

    Berikutnya, hitung berapa jumlah tabungan yang sudah Anda miliki untuk kebutuhan liburan ini. Apabila saldo tabungan belum mencukup, tunggulah saat bonus tahunan masuk ke rekening. Ingat ya, dana sebaiknya tidak diambil dari dana darurat, dana pendidikan anak, atau bahkan dana pensiun.

    Mana yang benar, danaliburan mengikuti budget atau budget mengikuti dana liburan?Jawabannya tergantung Anda! Untuk saya, liburan kecil merupakan hal yang wajib. Jadi, destinasi liburan kecil disesuaikan dengan jumlah uang saat itu. Bisa saja hanya menginap ke Ancol, atau pulang pergi Jakarta-Bandung saat pergantian tahun. Sedangkan, buat liburan besar keluarga, kami rela untuk menabung dulu supaya dana liburan cukup ke destinasi yang kami inginkan dengan akomodasi yang nyaman.

    Menurut statistik, 63% travellers biasanya menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi selama berlibur. Dan, 56% nya ternyata sukses over-spending. Ooops!Hal yang paling sering membuatnya kebablasan adalah pos makan di restoran.

    Sebetulnya, kita bisa mengevaluasi apakah kondisi finansial saat ini sudah mampu untuk membawa kita berlibur dengan tiket murah yang telah dibeli sebelumnya. Coba lihat checklist berikut ini. Jawab dengan jujur setiap kali Anda mau berlibur. Jika menjawab Ya untuk semua kondisi dibawah ini, maka Anda sudah berhak untuk liburan.

     
       Ya  Tidak
     Persiapan: Biaya pengurusan Visa dan Paspor, Asuransi perjalanan    
     Travel & Lodging: Tiket pesawat/kapal, transportasi lain, akomodasi    
     Aktivitas Liburan: Transportasi, biaya makan, biaya tiket masuk taman hiburan, biaya sewa alat    
     Belanja: belanja pribadi, belanja oleh-oleh    
    Persiapan: Biaya pengurusan Visa dan Paspor, Asuransi perjalanan >
       
     *Sumber: “Make It Happen!” – buku pintar rencana keuangan untuk wujudkan mimpi

    Nah, jika Anda sudah memiliki dana cukup untuk libur akhir tahun, berikut ini tip-tipnya:

    1. Pesan tiket, akomodasi, dan paket aktivitas wisata dari sekarang agar dapat memilih jenis kamar yang tersedia dan mendapatkan harga yang lebih ekonomis.
    2. Jika Anda pengguna kartu kredit, tidak ada salahnya memanfaatkan fasilitas cicilan 0% selama 3 bulan untuk pembelian tiket dan pemesanan kamar hotel yang dilakukan 2 hingga 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan.
    3. Cari tahu apakah Anda masih punya point rewards dari kartu kredit atau keanggotaan lainnya. Gunakan fasilitas ini untuk membeli tiket pesawat atau menginap di hotel yang punya kerja sama.
    4. Pilihlah tanggal liburan low season. Umumnya biaya tiket dan hotel bisa diskon hingga 70% ketimbang saathigh season. Salah satu triknya adalah mulai liburan di awal tahun, ketimbang menghabiskan malam tahun baru di destinasi wisata.
    5. Bandingkan harga agen perjalanan dengan membeli langsung ke perusahaan penerbangan dan penginapan secara online. Masing-masing agen mengambil besaran feeyang berbeda.
    6. Bawalah uang kas yang sesuai anggaran untuk berlibur dan juga membawa satu kartu kredit sebagai dana darurat. 

    Live a Beautiful Life!



    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami