Siapkan dana Anda untuk memiliki mobil idaman

Siapkan dana Anda untuk memiliki mobil idaman

  • Siapkan Dana Mobil

    By : Prita Ghozie from ZAP Finance

    Saat sedang berjalan-jalan di Mal, seorang salesman mendatangi saya…”Silakan brosur mobilnya,diskon lho kalau beli awal tahun ini…”

     

    Untuk banyak keluarga, awal tahun identik dengan mobil baru. Nah, buat Anda yang memang berencana membeli mobil di tahun ini, mengatur keuangan untuk mewujudkan impian ini sebaiknya dilakukan.

     

    Membeli mobil kerap menjadi tujuan keuangan setiap keluarga. Penting untuk diingat bahwa mobil belum tentu menjadi aset investasi Anda. Bahkan, mobil merupakan salah satu alat yang mengalami penurunan nilai terbesar di tahun pertamanya. Oleh sebab itu, pikirkan bagaimana tingkat utilisasi mobil Anda kelak. Pahami juga bahwa pos pengeluaran Anda juga akan bertambah dengan adanya mobil baru.

     

    Membeli mobil baruatau bekas? Keunggulan membeli mobil baru adalah adanya paket jaminan servis dari dealer mobil umumnya untuk 3 tahun pertama. Bila membeli mobil bekas, penting sekali untuk Anda mengetahui sejarah mobil yang anda beli. Selain itu, jangan ragu untuk membaca ulasan pakar ataupun mantan pengguna di koran atau majalah tentang jenis dan merek mobil tersebut. Jangan sampai Anda mengurangi anggaran beli di awal, namun nantinya mobil terus-menerus masuk bengkel dan butuh biaya perbaikan tinggi.

     

    Sebaiknya beli tunai atau kredit? Kalau Anda tidak berpenghasilan tetap seperti dokter, artis, atau freelancer, saya sangat menyarankan membeli mobil secara tunai. Sehingga, arus kas bulanan dapat disisihkan lebih besar untuk kepentingan tabungan dan investasi, selain digunakan untuk biaya hidup. Namun, bila dananya belum mencukupi sedangkan kebutuhan sudah mendesak, maka pilihannya tentu secara kredit.

     

    Nah, jika membeli dengan kredit adalah pilihan Anda, jangan malas untuk mencari tahu berapa jumlah total uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan mobil itu.

    Total Biaya Pembelian Mobil = Harga Beli + bunga kredit + biaya lainnya. Menurut saya, Anda sebaiknya membandingkan fasilitas kredit dari 3 bank atau lembaga pembiayaan sebelum Anda membeli mobilnya. Bandingkan berapa suku bunga efektif (ilustasi: bunga 6% p.a. flat = 11.5% p.a efektif), biaya administrasi, biaya asuransi, dan provisi.

     

    Anda perlu tahu bahwa ada jenis kredit yang memiliki fleksibilitas untuk dapat dilunasi terlebih dahulu tanpa harus bayar biaya penalti. Namun, ada juga yang memang mengenakan denda atau penalty untuk pelunasa dipercepat. Usahakan tidak mengambil kredit yang mewajibkan Anda tetap membayar porsi bunga, meski pelunasan dilakukan lebih cepat dari jangka waktu kredit yang kerap ditawarkan oleh lembaga pembiayaan.

     

    Sebelum membeli mobil dengan bantuan pinjaman, Sediakan uang muka minimal 35% dari total harga beli mobil. Pahami juga bahwa uang muka ini terdiri dari uang muka pembelian mobil, cicilan bulan pertama, premi asuransi kendaraan, serta beberapa biaya lain. Nah, usahakan jumlah cicilan mobil Anda tidak lebih dari 15% jumlah penghasilan rutin bulanan.

     

    Dana untuk pembelian mobil dapat dialokasikan dari penghasilan non-rutin seperti bonus akhir tahun, tunjangan, dan lainnya. Apabila mau disisihkan setiap bulan dari penghasilan rutin seperti gaji, maka sebaiknya jumlahnya tidak melebihi 10% dari penghasilan. Dana ini dapat ditampung sementara di tabungan atau reksa dana pasar uang. Setelah dana terkumpul, silakan Anda pergi ke dealer untuk membeli mobil.

     

    Sebelum membeli mobil, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

    1. Pengalaman saya mengajarkan bahwa kita harus tahu betul kemampuan finansial diri sendiri sebelum mulai berutang. Jangan pernah malas untuk membuat riset penawaran kredit untuk metode pembayaran, tingkat suku bunga, dan kemungkinan penalti yang paling kompetitif.
    2. Pikirkan dengan matang keuntungan membeli mobil baru dibandingkan mobil bekas. Jika tidak ingin harga anjlok, maka belilah mobil baru yang sangat laku di Indonesia. Jika Anda membeli mobil bekas, maka pastikan mekanik mobil kepercayaan Anda sudah mengetes kondisi mesinnya.
    3. Selalu negosiasikan harga beli dengan penjual. Saya sendiri mendapatkan pengurangan harga hingga 4% dari harga rata-rata di pasaran untuk barang yang sama. Selalu pastikan Anda mendapatkan penawaran yang terbaik.
     

    Jadi, mudah bukan mempersiapkan dana untuk pembelian mobil? Hal terpenting yang patut Anda sepakati adalah pembelian mobil bukanlah prioritas utama dalam sebuah rencana keuangan. Sehingga, pastikan keuangan Anda telah siap sebelum menjatuhkan keputusan untuk pembelian mobil. Live a Beautiful Life!


    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami