Persiapan Dana Kesehatan Keluarga

Persiapan Dana Kesehatan Keluarga

  • Persiapan Dana Kesehatan Keluarga

    By : Prita Ghozie from ZAP Finance

    Musibah datangnya pasti tidak terduga. Sakit menjadi salah satu musibah yang kerap tidak dapat dihindari. Sehingga, banyak keluarga akhirnya mempersiapkan dana khusus untuk berjaga-jaga apabila terjadi musibah sakit yang pastinya dapat berpengaruh terhadap kondisi keuangan seseorang.

     

    Salah satu contoh kejadian yang menimpa keluarga saya adalah pekerja di rumah sakit demam berdarah dan harus dirawat di Rumah Sakit. Meski menginap tidak sampai seminggu, tagihan Rp. 5 juta pun harus dibayarkan dari keuangan rumah tangga. Bayangkan jika kami tidak punya dana darurat untuk kesehatan, bisa jadi kami terpaksa mengambil pinjaman dana tunai yang bunganya selangit itu.

     

    Bagaimana kalau hal seperti ini terjadi kepada Anda? Sudahkah Anda mempersiapkan hadapi keadaan tak terduga agar keuangan tidak carut marut? Kita memang tidak pernah tahu dengan pasti apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, kita dapat memastikan perlindungan keuangan terencana dengan baik. Jadi, perlukah sebuah keluarga mempersiapkan dana kesehatan khusus?

     

    Dalam perencanaan keuangan keluarga, dana kesehatan sebaiknya dipersiapkan untuk dua keperluan yang berbeda, mencegah dan mengobati. Untuk pencegahan misalnya, dana kesehatan penting dipersiapkan untuk biaya medicalcheck up rutin, vaksinasi, dan pembelian vitamin.

     

    Kebutuhan dana kesehatan untuk pencegahan bagi setiap keluarga dapat berbeda-beda. Namun, Anda dapat mengestimasi kebutuhan berdasarkan pengeluaran biaya kesehatan di tahun sebelumnya. Cobalah Anda lakukan riset untuk biaya medical check up serta kebutuhan lainnya. Kemudian, sisihkan sekitar 5% hingga 10% untuk pos alokasi dana kesehatan.

     

    Dalam hal kebutuhan biaya kesehatan tak terduga, yang berperan banyak adalah dana darurat untuk kesehatan. Mengapa bukan asuransi kesehatan? Alasannya karena asuransi kesehatan fungsinya hanya bisa menggantikan setelah klaim kejadian diterima. Bagaimana jika kondisinya Anda sakit, namun tidak perlu dirawat di rumah sakit?

     

    Besarnya kebutuhan dana kesehatan untuk biaya tak terduga dapat diestimasi sekitar 6 kali hingga 12 kali dari pengeluaran kesehatan tahunan. Saya akui agak sulit untuk melakukan estimasi yang akurat, karena sifatnya hanya dianggarkan. Bahkan, pemakaiannya pun belum tentu terjadi.

     

    Produk keuangan untuk dana kesehatan baik itu untuk pencegahan mau pun pengobatan sebaiknya ditempatkan di produk yang memiliki risiko likuiditas rendah. Dana ini harus mudah dicairkan, dan sebaiknya tidak berfluktuasi dalam hal nilai. Prioritas utama untuk pemilihan produk contohnya adalah reksa dana pasar uang. Produk ini relatif stabil dan aman, namun juga mudah dicairkan. Selain itu, dalam hal imbal hasil selama ini memberikan keuntungan yang lebih baik daripada tabungan biasa.

     

    Nah, apabila Anda ingin mempersiapkan dana kesehatan untuk masa pensiun, maka tujuan finansial ini sifatnya adalah untuk jangka panjang. Dengan demikian, produk keuangan yang lebih sesuai adalah reksa dana campuran atau reksa dana saham. Pahami, saat menjelang pensiun nanti, Anda sebaiknya mencairkan dana kesehatan yang masih ditempatkan di reksa dana yang memiliki risiko fluktuasi nilai, dan dipindahkan ke reksa dana pasar uang.

     

    Betul, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan termasuk untuk urusan kesehatan. Mantan menteri kesehatan Republik Indonesia pernah berkata langsung kepada saya bahwa “Kesehatan bukan lah segala-galanya. Tetapi tanpa sehat, segala-galanya menjadi tidak berarti.“. Dengan demikian, dana kesehatan adalah penting untuk setiap keluarga. Sudahkah Anda mempersiapkannya? Live a Beautiful Life!

     
    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami