Mencapai Kesuksesan Finansial

Mencapai Kesuksesan Finansial


  • By : Prita Ghozie from ZAP Finance

    Chinese New Year atau tahun baru Cina dirayakan oleh sebagian besar masyarakat dan mungkin termasuk oleh Anda. Pernah merasakan hidup dan tinggal di beberapa kota seperti Hong Kong serta Sydney, membuat saya cukup paham dengan budaya ini sebelum pada akhirnya juga masuk ke masyarakat di Indonesia. Fortune cookies, kue keranjang, buah jeruk, dan lainnya menjadi bagian dari perayaan dan festival di momen tahun baru Cina. Kemakmuran dan keberuntungan, itulah dua kata yang kerap disandingkan dan menjadi pengharapan masyarakat yang merayakannya.


    Tahun ini menjadi “Year of The Goat” yang diharapkan membawa kemakmuran serta kesejahteraan untuk kondisi keluarga termasuk urusan finansialnya. Nah, berbicara mengenai mencapai kemakmuran tentu saja tidak terlepas dengan bagaimana Anda memperlakukan alias mengelola uang serta aset yang didapatkan.


    Kemakmuran itu sifatnya relatif bagi setiap manusia. Ada yang berpenghasilan sampai dengan 100 juta rupiah setiap bulan tetapi masih merasa dirinya miskin. Ada pula keluarga lain yang hanya berpenghasilan 3 juta rupiah setiap bulan tetapi merasa seluruh kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi dan bahagia.


    Seseorang yang memiliki rencana finansial umumnya memiliki perilaku keuangan yang lebih baik dan efisien daripada mereka yang hidupnya hanya memikirkan jangka pendek. Saat Anda punya tujuan, maka pengelolaan penghasilan yang diperoleh akan lebih fokus. Anda tidak mudah tergoda oleh hal-hal yang sifatnya impulsif, namun dapat mengacaukan rencana keuangan dalam jangka panjang. Suka atau tidak, untuk mencapai kemakmuran dalam hal finansial, Anda wajib memiliki perilaku keuangan yang sehat atau kerap disebut dengan istilah Good Money Habit.


    Good money habit adalah pondasi terpenting dalam mencapai kesejahteraan finansial. Unsur utama untuk menjalankan rencana keuangan adalah kemampuan untuk menabung dan berinvestasi. Seseorang dapat dikatakan memiliki good money habit apabila dia mampu untuk membayar dirinya terlebih dahulu dibandingkan kepentingan lain. Maksudnya, kalau Anda memiliki penghasilan, maka mampu dialokasikan untuk , konsumsi primer, dan rencana-rencana masa depan.


    Karakter ini tidak dapat dimiliki dalam sekejap. Namun, harus dibangun perlahan demi perlahan sehingga akan lebih kokoh dan sifatnya bukan sesaat saja. Itulah sebabnya, penting sekali kita mengajarkan arti uang sedari dini untuk anak. Dalam jangka pendek, apabila seseorang tidak memiliki good money habit, maka berbagai tujuan finansialnya atau impiannya sulit untuk terwujud. Sedangkan, dalam jangka panjang, ada hal yang lebih menakutkan yaitu tidak mampunya seseorang untuk bisa hidup di masa pensiun dengan nyaman! Jika demikian, apakah Anda bisa mengatakan telah mencapai kemakmuran?


    Ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memiliki good money habit yang pada akhirnya dapat mengantarkan Anda kepada kemakmuran finansial yang sesungguhnya. Pertama, mampu membuat alokasi pengeluaran setiap bulan dari penghasilan yang diperoleh. Alokasi pengeluaran ini sebaiknya dibuat diawal bulan dan dipatuhi.


    Kedua, disiplin menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk keperluan masa depan. Untuk urusan finansial, tidak ada yang lebih menakutkan daripada kondisi tidak mampu untuk pensiun dengan nyaman. Oleh sebab itu kebiasaan untuk menabung dan berinvestasi secara berkala dan rutin setiap bulan merupakan langkah-langkah awal menuju kemakmuran finansial.


    Ketiga, rajin mengevaluasi kondisi aset dan utang. Setiap satu tahun sekali, Anda sebaiknya melakukan pencatatan ulang atas saldo aset yang telah dihimpun dan juga saldo utang agar Anda selalu paham dengan kondisi keuangan keluarga yang sesungguhnya. Kegiatan ini dapat juga dilakukan setiap tahun baru, untuk mengingatkan Anda dan keluarga.


    Nah, itulah tiga hal sederhana yang dapat Anda lakukan mulai sekarang untuk membangun good money habit. Tidak ada momen yang lebih baik daripada awal sebuah tahun, yang dipercaya akan membawa tingkat kemakmuran dan keberuntungan yang lebih baik bagi suatu keluarga untuk memulai sesuatu kebiasaan yang baru. Selamat tahun baru Cina bagi Anda yang merayakan. Live a Beautiful Life!

    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami