Evaluasi keuangan untuk mengenal tipe resiko keuangan Anda

Evaluasi keuangan untuk mengenal tipe resiko keuangan Anda

  • Evaluasi Keuangan Banner

    By : Prita Ghozie from ZAP Finance

    Saat musim libur sekolah anak dimulai, lampu-lampu hias terpasang, dan ornamen khas festival nampak di berbagai tempat, Anda pun sadar bahwa akhir tahun sudah semakin dekat. Akhir tahun adalah momen terbaik untuk melakukan refleksi atas kondisi keuangan Anda dan keluarga.

    Evaluasi kesehatan keuangan atau financial checkup kerap kali dilakukan diakhir tahun, untuk mengetahui apa saja kemajuan yang dialami dalam hal keuangan. Dari evaluasi keuangan ini, Anda bisa saja ingin mengetahui berapa besar nilai kekayaan bersih yang berhasil dihimpun, Anda bisa mengetahui digunakan untuk pengeluaran apa saja dari penghasilan atau arus kas yang telah diterima, dan Anda juga dapat mengetahui bagaimana alokasi aset finansial yang dimiliki saat ini  serta kecocokkannya dengan profil risiko Anda sebagai investor.

    Pada umumnya, saat seseorang melakukan evaluasi keuangan, konsentrasi terbanyak adalah untuk mengetahui nilai kekayaan bersih serta rasio pengeluaran terhadap penghasilan. Padahal, evaluasi atas alokasi aset finansial memegang peranan yang sangat penting dalam hal kesuksesan perencanaan keuangan keluarga.

    Alokasi aset finansial adalah suatu kondisi yang menggambarkan persentase penyebaran jenis aset finansial keluarga. Aset finansial dapat terbagi menjadi: (1) aset kas seperti tabungan, deposito, reksa dana pasar uang, (2) aset defensif seperti obligasi, sukuk, serta reksa dana pendapatan tetap, (3) aset moderat seperti properti, logam mulia, serta reksa dana campuran, (4) aset agresif seperti saham dan reksa dana saham. Dari nomor 1 hingga 4, risiko investasi yang terkandung menjadi semakin besar. Sehingga, sewajarnya Anda sebagai investor akan mengharapkan imbal hasil yang semakin tinggi pula.

    Persentase penyebaran aset finansial dapat mengalami perubahan setiap saat. Coba lihat tabel berikut ini.

       Awal Tahun Alokasi Akhir Tahun Alokasi
    Deposito  100,000,000 50%  100,000,000 48%
    Reksa dana saham  100,000,000 50%  110,000,000 52%
    Total  200,000,000    210,000,000  
       

    Misalkan, di awal tahun Anda memiliki deposito sejumlah Rp. 100 juta dan reksa dana saham sejumlah Rp. 100 juta. Maka, alokasi aset finansial keluarga adalah 50% di aset kas dan 50% di aset agresif. Komposisi ini sesuai dengan profil risiko investor yang moderat. Nah, apabila terjadi selamat satu tahun perubahan dalam pasar keuangan yang menyebabkan nilai investasi di reksa dana saham meningkat menjadi Rp. 110 juta di akhir tahun, maka tanpa disadari alokasi aset finansial keluarga telah berubah komposisinya. Di akhir tahun, alokasi aset finansial keluarga adalah 48% di aset kas dan 52% di aset agresif. Komposisi ini menjadi lebih berisiko untuk Anda yang memiliki profil investor moderat.

    Apabila Anda dan keluarga belum pernah melakukan evaluasi keuangan atas alokasi aset finansial, maka berikut ini langkah-langkahnya:

    1. Kumpulkan informasi seluruh aset finansial yang dimiliki oleh keluarga di awal tahun. Anda bisa memperoleh informasi ini dari buku tabungan atau pun laporan investasi dari institusi keuangan.
    2. Hitunglah alokasi masing-masing saldo aset finansial terhadap keseluruhan nilai aset finansial di awal tahun.
    3. Kumpulkan informasi seluruh aset finansial yang dimiliki oleh keluarga di akhir tahun. Anda bisa memperoleh informasi ini dari buku tabungan atau pun laporan investasi dari institusi keuangan.
    4. Hitunglah alokasi masing-masing saldo aset finansial terhadap keseluruhan nilai aset finansial di akhir tahun.
    5. Sesuaikan dengan profil risiko Anda sebagai investor, apakah tergolong investasi yang konservatif alias penabung tulen, apakah tergolong investor yang moderat alias berimbang, atau apakah tergolong investor yang agresif.
    6. Apabila alokasi aset finansial tidak sesuai, maka ubahlah komposisi aset dengan cara mendatangi bank atau insitusi keuangan dimana keluarga Anda menempatkan dana.

    Jadi, mudah bukan untuk melakukan evaluasi keuangan? Live a Beautiful Life!

     
    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami