Dana Pendidikan

Dana Pendidikan

  • Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak di Luar Negeri Banner 958


    By : Prita Ghozie from ZAP Finance

    Pernahkah Anda membayangkan belajar dan menyelesaikan tugas dengan pemandangan Sydney Opera House di Sydney atau Yarra River di Melbourne?

    It was delightful! Dengan berbagai alasan, Anda mungkin termasuk dalam sekelompok orang tua yang ingin mengirim anak untuk bersekolah di luar negeri. Australia, Singapura, Amerika, dan beberapa negara Eropa menjadi destinasi belajar favorit bagi banyak keluarga di Indonesia.

    Impian memberikan pengalaman belajar di luar negeri untuk anak bukanlah hal mustahil untuk diwujudkan. Selain persiapan secara akademis, persiapan finansial menjadi bagian penting yang tak terpisahkan. Pada prinsipnya, mempersiapkan dana pendidikan di luar negeri sama saja dengan mempersiapkan dana pendidikan di Indonesia. Namun, ada beberapa faktor risiko tambahan yang harus diantisipasi seperti risiko naik-turunnya kurs mata uang asing terhadap Rupiah.

    Langkah awal dalam perencanaan dana pendidikan dimulai dengan orang tua harus memilih lokasi dan universitas yang dituju. Lalu, kumpulkan informasi biaya sekolah serta biaya hidup. Komponen biaya merupakan hal terbesar dalam persiapan dana pendidikan. Agar tidak terlewat lihat daftar biaya berikut ini sebagai panduan Anda.

    1. Biaya sekolah/kuliah.
      Sumber riset utama tentu saja berasal dari situs sekolah atau dari kantor perwakilan sekolah yang ada di Indonesia. Berdasarkan data tersebut, Anda dapat menghitung estimasi biaya kuliah atau sekolah anak di negara tujuan.
       
    2. Biaya hidup.
      Biaya hidup terdiri dari biaya tempat tinggal, makan, transportasi, serta hiburan. Berdasarkan situs inflationdata.com, biaya hidup pelajar di suatu negara naik sebesar 20% per 5 tahun.
       
    3. Biaya transportasi.
      Selama durasi sekolah, rencanakan berapa kali anak akan pulang ke Indonesia atau mungkin berapa kali keluarga akan berkunjung.


    Berikut ini adalah beberapa kumpulan data biaya pendidikan di beberapa negara.

    No Negara Biaya Pendidikan Tahunan Biaya Hidup Tahunan
    1 Amerika USD 16.400 – USD 50.000 USD 10.000 – USD 20.000
    2 Australia AUD 20.000 – AUD 50.000 AUD 25.000 – AUD 40.000
    3 Singapura SGD 15.000 – SGD 20.000 SGD 25.000 – SGD 30.000
    4 Inggris GBP 10.000 – GBP 25.000 GBP 9.500 – GBP 13.000
    5 Belanda EUR 9.000 – EUR 25.000 EUR 11.000 – EUR 12.000
    *Sumber: “Make It Happen!” – buku pintar rencana keuangan untuk wujudkan mimpi

    Kemudian, gunakan kalkulator untuk menghitung berapa kebutuhan dana pendidikan tinggi yang harus dipersiapkan. Setelah itu, maka orang tua bisa memilih produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dana pendidikan sesuai dengan jangka waktu menuju masa pembayaran sekolah.

    Perencanaan dana pendidikan semakin dini dilakukan tentu saja semakin baik. Beberapa contoh produk keuangan yang dapat digunakan adalah tabungan pendidikan dan reksa dana. Apabila anak akan bersekolah dalam jangka waktu dibawah 3 tahun dari sekarang, maka tabungan pendidikan merupakan pilihan yang menarik. Nah, apabila anak masih akan bersekolah dalam jangka waktu diatas 10 tahun lagi, pilihan investasi yang lebih agresif seperti reksa dana saham bisa dilirik.

    Satu tip penting juga adalah mengkonversi mata uang dari Rupiah ke mata uang negara lokasi anak bersekolah satu tahun sebelum anak akan memulai pendidikannya. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengurangi potensi kerugian akibat kenaikan kurs mata uang asing. Meski sepele, perbedaan kurs dapat menyebabkan anak putus sekolah lho! Memori saya kembali ke tahun 1997-1998, dimana banyak teman dari Indonesia terpaksa pulang dari luar negeri sebelum tamat dikarenakan orang tua sudah tidak memiliki dana lagi.

    Nah, merencanakan dana pendidikan anak ternyata sangat mudah. Mana destinasi sekolah yang Anda inginkan untuk anak…..Sydney, Melbourne, London, Rotterdam, atau Singapura? Semua dapat diwujudkan dengan perencanaan yang cermat dan disiplin dalam pelaksanaannya.

    Live a Beautiful Life!


    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut 

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami