Cermat merencanakan liburan akhir tahun

Cermat merencanakan liburan akhir tahun

  • liburan

    By : Prita Ghozie from ZAP Finance

    Tak terasa bulan Desember tinggal beberapa saat lagi. Salah satu kegiatan yang kerap dinantikanoleh keluarga adalah momen liburan akhir tahun yang menyenangkan. Apa rencana Anda dan keluarga untuk menghabiskan akhir tahun ini?

    Sebuah studi di Belanda bahkan memberikan hasil bahwa efek bahagia yang bisa ditimbulkan oleh berlibur bisa bertahan hingga 8 minggu. Efek tersebut juga semakin panjang jika kita termasuk yang hobi mengabadikan berbagai pemandangan atau aktivitas yang dilakukan selama berlibur. Namun, libur akhir tahun juga bisa membawa petaka terhadap urusan keuangan apabila tidak direncanakan dengan baik. Berikut ini adalah tips cermat untuk merencanakan libur akhir tahun.

    1. Pastikan Sumber Dana Berlibur

    Untuk libur akhir tahun yang tinggal beberapa bulan lagi, panduan utama Anda dalam menentukan liburan adalah berapa banyak uang yang kita punya. Sumber uang bisa berasal dari tabungan liburan yang sudah dikumpulkan, bonus akhir tahun, atau komisi penjualan.

    Bagimana dengan cicilan kartu kredit? Saya masih menyarankan Anda untuk membeli tiket pesawat yang baru akan digunakan beberapa bulan kedepan dengan cara mencicil. Namun, tidak saya sarankan untuk masih mencicil meski liburan sudah berakhir.

    2. Tentukan destinasi berlibur.

    Mau ke Bali, Jogja, Singapura, atau bahkan Eropa tetap harus ditentukan dari berapa banyak uang yang kita punya. Coba lihat daftar referensi berikut untuk gambaran biaya liburan akhir tahun ini.


    3. RisetKumpulkan informasi seputar destinasi liburan, akomodasi dan hiburan selama disana.

    Lakukan riset dengan membeli travel book dari Frommer’s atau Lonely planet misalnya, browsing ke situs online, dan segala sumber informasi yang dapat berguna untuk keperluan libruan Anda. Selain itu, Anda juga menanyakan pengalaman teman atau membaca artikel dari travel blogger yang sudah terlebih dahulu melakukan perjalanan ke destinasi tersebut.

    4. Book Your Trip and Make Your Spending PlanBuat rencana pengeluaran yang realistis.

    Alokasikan dana lebih untuk pos pengeluaran yang Anda rasa penting dan demikian sebaliknya untuk pos yang kurang penting. Misalnya, pergi dengan Budget Airlines, namun menginap di hotel yang bagus. Pilihlah kombinasi terbaik bagi keluarga Anda.

    5. Bawa Uang Tunai dan Kartu KreditSaat liburan saya anjurkan Anda untuk membawa uang tunai dan kartu kredit.

    Uang tunai harus sudah dibagi per amplop untuk setiap pos pengeluaran. Sedangkan kartu kredit dibawa hanya untuk berjaga-jaga kalau terjadi keadaan darurat. Jadi, rencanakan libur akhir tahun keluarga dengan cermat, supaya tidak menambah utang saat kembali. Selamat berlibur. Live a Beautiful Life!


    Informasi(-informasi) yang tercantum di atas diperoleh PT Bank,Permata Tbk (“Bank”) bersumber dari pihak(-pihak) yang bekerjasama,dengan Bank dan dikenal memiliki kompetensi yang memadai dibidangnya,namun demikian Bank tidak melakukan verifikasi secara tersendiri. Informasi(-informasi),tersebut di atas semestinya hanya digunakan sebagai salah satu sumber,informasi dan bukan sebagai penawaran, rekomendasi, saran atau,permohonan kepada siapapun untuk memasuki atau menyetujui suatu,perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan atau,aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.

    Infomasi(-informasi),dan/atau pandangan dalam dokumen ini merupakan penilaian sumber,konsultan keuangan semata untuk saat ini dimana penilaian, pendapat,,perkiraan dan prediksi dari padanya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa,pemberitahuan terlebih dahulu. Bank dan / atau anggota Dewan Direktur,dan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya,tidak bertanggung jawab dan tidak menjamin atas ilustrasi maupun,informasi(-informasi) yang tercantum diatas dapat selalu diandalkan,dalam perencanaan keuangan, baik investasi keuangan, transaksi keuangan,atau aktifitas lainnya terkait pengelolaan dana keuangan.,Kinerja di,masa lampau bukanlah merupakan cerminan kinerja yang akan datang.,Nasabah termasuk siapapun yang berencana untuk melakukan perencanaan,keuangan harus mempertimbangkan perencanaan yang cocok dengan,memperhatikan tujuan keuangan tertentu dan dianjurkan untuk membuat,penilaian independen, dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi,yang dapat timbul dari penilaiannya tersebut

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami