DebitChip

DebitChip

  • Tingkatkan Keamanan Bertransaksi Anda dengan Kartu CHIP!


    Saat ini telah terjadi pergeseran pola pembayaran transaksi di masyarakat umum dari sebelumnya menggunakan uang tunai menjadi cashless dengan adanya fasilitas kartu debit. Dengan kartu debit tersebut nasabah dapat melakukan transaksi tarikan tunai melalui ATM, transaksi belanja di merchant maupun melalui internet (e-commerce).

    Nasabah perlu menyadari bahwa terdapat risiko dari transaksi menggunakan kartu debit, antara lain terjadinya penggandaan kartu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Risiko ini telah diidentifikasi oleh Bank Indonesia dengan diterbitkannya Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 perihal Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia, dimana perbankan telah diminta untuk menerbitkan kartu dengan teknologi CHIP untuk para nasabahnya.

    Sebagai salah satu bentuk perwujudan layanan prima kepada nasabahnya dalam hal peningkatan keamanan bertransaksi, Bank Permata telah menerbitkan kartu debit berteknologi CHIP sejak tahun 2016 yang dapat digunakan oleh seluruh nasabah untuk dapat bertransaksi dengan lebih aman.

    Berdasarkan data yang kami miliki, Bapak/Ibu saat ini masih tercatat sebagai pemilik dan pengguna kartu debit berjenis magnetic stripe yang belum dilengkapi dengan teknologi CHIP. Untuk itu kami mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk dapat segera melakukan penggantian kartu di cabang Bank Permata terdekat, GRATIS, tanpa harus menunggu habisnya masa berlaku kartu karena kartu magnetic stripe Bapak/Ibu tidak akan dapat digunakan untuk bertransaksi lagi per 1 Januari 2022.

    Mohon abaikan pemberitahuan ini apabila Bapak/Ibu telah melakukan penggantian kartu debit menjadi kartu CHIP.

    Selain itu, gunakan beberapa tips berikut untuk lebih menjaga keamanan bertransaksi:

    • Menjaga data rahasia seperti nomor kartu, masa berlaku kartu dan CVV (3 digit angka di belakang kartu);
    • Ganti PIN kartu secara berkala;
    • Tidak menggunakan kombinasi PIN yang mudah ditebak;
    • Tidak memindahtangankan kartu dan PIN ke pihak lain;
    • Hanya melakukan transaksi e-commerce di situs yang terpercaya;
    • Periksa mutasi rekening Anda secara berkala;
    • Menutup keypad saat memasukkan PIN; dan
    • Segera menghubungi Call Center PermataBank untuk segera melakukan pemblokiran apabila terdapat indikasi data rahasia kartu diketahui oleh pihak lain.

    Apabila Bapak/Ibu memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan menghubungi Call Center di nomor 1500111 atau care@permatabank.co.id

PermataTel

1500111 (fixed line/ponsel)

Hubungi Kami